Pendidikan Kita Jangkarnya Adalah Filsafat Pancasila

Home / Berita / Pendidikan Kita Jangkarnya Adalah Filsafat Pancasila

PUNDI.or.id, Yogyakarta – Pendidikan Untuk Indonesia (PUNDI) melakukan agenda Silaturahim ke rumah Prof. Munir Mulkhan Kamis (8/09/2016), dalam silaturahim tersebut Prof. Munir Mulkhan menyampaikan bahwa diperlukan jangkar ilmu bagi pendidikan nasional. Menurut bacaan Prof. munir sitem pendidikan nasional sendiri belum memilik jangkar ilmu. “intinya, Pendidikan kita itu ndak punya jangkar, jangkar ilmu”. Tutur guru besar filsafat Pendidikan UIN SUKA.

“Bangunan ilmu seharusnya dimulai dari filsafat, kemudia ilmu. Susunan ilmu itu dari filsafat, kalau pendidikan Islam ya harusnya ada filsafat pendidikan Islam, lalu ada ilmu pendidikan Islam, lalu ada teknologi”.

“Kemudian, prof melanjutkan bahwa Jika dalam kontek ke-Indonesiaan seharusnya filsafat itu ya Pancasila “yang mestinya, sesuai dengan konsesus nasional, ya filsafat dasar kita itu ya Pancasila”. Jelas mantan sekertaris PP Muhammadiyah

Persoalan dalam bidang pendidikan tidak terletak pada persoalan kekurangan alokasi waktu dalam kegiatan belajar mengajar namun lebih kepada persoalan dasar yaitu tentang bangunan teori dan ilmu itu sendiri. Seringkali ini persoalan terkait frekuensi, soal alokasi waktu, bukan itu. Kalau secara saintifik ini soal ilmu, soal teori”. Pungkas Prof. Munir Mulkhan

Oleh karena itu prof Munir Mulkhan berpesan, kalau mau pendidikan kita maju, maka jangkarnya harus kuat. Dan jangkarnya itu adalah filsafat Pacasila. Maka kajian yang diberikan sebagai jangkar ilmu kepada generasi penerus bangsa adalah filsafat Pancasila sebagai landasan dasarnya. Namun, selama ini filsafat Pancasila tersebut jarang digali, bahkan terkesan diabaikan. Demikian Prof Munir menjelaskan. (asus)

Editor : Gusbud

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *