Petisi Yogya : Menyerukan Penguatan Pendidikan Pancasila

Home / Berita / Petisi Yogya : Menyerukan Penguatan Pendidikan Pancasila

Bertempat di Pendopo Taman Siswa, Selasa (2/5), aliansi masyarakat peduli pendidikan Yogyakarta menyampaikan petisi dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS).

Pendopo Taman Siswa dipilih karena secara historis, tempat tersebut merupakan tempat berseminya nilai-nilai kebangsaaan, nilai-nilai kebersamaan, dan juga menjadi tempat bagi tumbuh dan berkembangnya ajaran-ajaran bapak pendidikan Indonesia Ki Hajar Dewantara.

Dalam orasinya, berbagai elemen yang hadir menyampaikan adanya keprihatinan atas tergerusnya nila-nilai kebangsaan, serta lunturnya jiwa nasionalisme serta mulai pudarnya nilai pancasila di tengah masyarakat Indonesia.

“Pancasila saat ini mulai ditinggalkan dan mau digantikan dengan ideologi lain. Maka dari itu, Taman Siswa sebagai candradimuka dunia pendidikan dan Yogyakarta sebagai kota pendidikan, kiranya perlu untuk kembali meneguhkan Pancasila sebagai dasar negara”. Jelas Widihasto Wasana Putra, Ketua Sekber Keistimewaan DIY.

Adapun isi Petisi Yogyakarta tersebut adalah :

  1. Menuntut dikembalikannya pendidikan Pancasila pada semua jenjang dan jenis pendidikan di seluruh Indonesia.
  2. Menyerukan kepada keluarga untuk berperan aktif menanamkan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Menyerukan kepada semua pemangku kepentingan baik Negara, anggota masyarakat, organisasi masyarakat, partai politik, organisasi kepemudaan, organisasi keagamaan, organisasi sektoral, organisasi profesi, untuk bersinergi menghidupi, merawat, dan menjaga semangat Proklamasi 17 Agustus 1945.

Di akhir acara, semua perwakilan elemen masyarakat yang hadir, ikut menandatangani petisi tersebut diatas. (Gus Bud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *