Pengaruh Game Online terhadap Pelajar

Home / Artikel / Pengaruh Game Online terhadap Pelajar

 

pundi.or.id – Perkembangan teknologi di masa sekarang ini sangat pesat. Berbagai kemajuan teknologi dapat kita peroleh dengan mudah. Seiring dengan perkembangan zaman dan pesatnya perkembangan teknologi itu, komunikasi antar manusia dapat dilakukan dengan berbagai alat atau sarana. Salah satunya sarana untuk penyegaran, seperti bermain game online.

Game online sangat berkembang pesat akhir-akhir ini. Semakin lama, permainannya semakin menyenangkan. Mulai dari tampilan, gaya bermain, grafis permainan, resolusi gambar dan lain sebagainya. Tak kalah juga bervarisasinya tipe permainan seperti permainan perang, petualangan, perkelahian dan game online jenis lainnya yang membuat menariknya permainan. Semakin menarik suatu permainan, semakin banyak orang yang memainkan game online tersebut.

Game online memiliki pengaruh yang cukup besar bagi orang yang memainkan game tersebut. Salah satunya adalah anak-anak karena mereka sudah memiliki dan memainkan game online. Anak-anak zaman sekarang sudah dibiasakan dengan gadget untuk bermain game online. Ini kesalahan dari orang tua. Orang tua mungkin hanya ingin menunjukkan kasih sayang kepada anak dengan memberikan berbagai fasilitas misalnya gadget canggih. Tetapi secara tidak langsung orang tua telah mengajarkan hal negatif kepada anak yang dapat mengganggu perkembangan anak di kemudian hari.

Biasanya game online ini dimainkan oleh kalangan pelajar, mulai dari SD, SMP, SMA dan juga mahasiswa pada umumnya. Hal ini dapat diketahui dari banyaknya game-game online yang sangat mudah di download pada handpone android maupun IOS. Pelajar yang sering memainkan suatu game online akan menyebabkan ketagihan karena jika bermain dengan kalah akan mencoba lagi supaya menang. Jika menang hatinya senang, maka akan mengulanginya lagi berkali kali sampai bosan.Memainkan game online akan berdampak negatif bagi yang memainkannya game game online tersebut. Contoh game online yang sekarang ini baru di gemari kalangan remaja adalah mobile legends.

Dampak negatif dari game online bagi pelajar adalah siswa akan malas belajar dan sering menggunakan waktu luang mereka untuk bermain game. Siswa akan mencuri curi waktu dari jadwal belajar mereka untuk bermain game online. Bahkan di saat pelajaranpun digunakan untuk memainkan game. Waktu untuk belajar dan membantu orang tua sehabis jam sekolah akan hilang karena main game. Waktu pola makan akan terganggu, emosional siswa juga akan terganggu karena efek game ini. Uang jajan bisa digunakan untuk membeli kartu perdana yang akses internetnya lebih cepat

Namun hal tersebut lebih baik daripada diajak untuk ke arah yang lebih negatif seperti mabuk mabukan, judi, narkoba dll.Game online selain untuk mencegah anak lari ke narkoba dan sejenisnya juga bisa sebagai media hiburan untuk anak pada saat sedang santai di rumah dan pada saat lagi ndak ada kerjaan tugas sekolah maupun tugas dari orangtua. Dan orang tua juga lebih mudah mendidik anaknya mengarah ke hal yang lebih positif .(*)

Oleh: Yuda Adi Ratana (Universitas Mercu Buana Yogyakarta)

Sumber : radarjogja.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *