Penulis Muda Ari Susanto Berbagi Tips Produktif di Era Digital

Home / Berita / Penulis Muda Ari Susanto Berbagi Tips Produktif di Era Digital

Pundi.or.id – Pada tanggal 11 april 2019 Madrasah Digital kembali mengadakan diskusi bertajuk “menjadi konten kreator”. Diskusi yang diadakan di Kedamaian Resto ini mengundang penulis muda, Ari Susanto yang kini berada di kepengurusan DPP IMM. Acara ini merupakan acara yang yang kesekian kalinya diadakan oleh pengurus Madrasah Digital Yogyakarta bekerja sama dengan Pelatar.com .

Kegiatan ini harapannya mampu membongkar kesadaran anak muda untuk turut terlibat dalam dialektika zaman yang semakin banyak beralih ke zaman digital. Dengan pesatnya perkembangan teknologi, perihal penting yang harus menjadi perhatian anak muda ialah bagaimana berinovasi dan memberi edukasi ke publik, salah satu caranya ialah dengan menjadi konten kreator, yakni pihak yang memproduksi konten, baik berupa tulisan, gambar, suara, video. Lebih khusus, dalam dunia internet kontent kreator adalah mereka yang berkontribusi membuat konten di dunia internet.

Dalam pembahasannya, Ari Susanto menjelaskan bahwa pada saat ini manusia rata-rata membutuhkan waktu 8 jam/ hari untuk mengakses internet. Pada saat yang sama gelombang media sosial juga muncul, youtube menempati posisi teratas sebagai media paling populer. Realitas ini perlu disadari oleh para pemuda dan sebisa mungkin memproduksi konten yang informatif dan edukatif, baik dalam bentuk tulisan, video, gambar maupun suara. Beliau juga menjelaskan perlunya untuk selalu aktif di media sosial, menyebar informasi yang mencerdaskan.

Kepala Madrasah Digital Yogyakarta, Akmal Akhsan Tahir menyatakan “dunia internet dan media sosial selalu berpotensi menghasilkan informasi yang tidak edukatif, intelektual dan para pemuda harus berani tampil memproduksi dan menyebarkan informasi yang autentik dan mendidik”, selanjutnya ia menuturkan realitas ini mesti ditangkap sebagai kesempatan untuk memberikan sumbangsih intelektual untuk masyarkat bangsa dan dunia secara universal.

Owner Pelatar.com Cahyo Prabowo menjelaskan bahwa banyak konten kreator yang tidak menyadari bahwa konten yang diproduksi dan disebar ke khalayak banyak dibaca dan mempengaruhi pikiran pembaca, lebih banyak lagi mereka yang memilih menjadi silent reader, membaca sekalipun tak berkomentar. Dalam keadaan demikian, para konten kreator dituntut untuk terus menebarkan informasi dan mempengaruhi keadaan.

Dengan hadirnya rangkaian diskusi dan sahring session dari Madrasah digital ini, diharapkan selalu akan timbul influencer muda, mereka yang mampu mempengaruhi realitas dengan konten-konten yang mendidik publik. Hararapannya, diskusi ini terus berlanjut untuk menghadirkan inspirasi dan pelatihan bagi para pemuda yang teratarik masuk dalam gelombang arus media. Khusus untuk para pemuda di Yogyakarta, Madrasah Digital selalu membuka kesempatan untuk anak muda bergabung dalam rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Madrasah Digital.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.