Dosen BK UAD Adakan Pelatihan Bimbingan Kedamaian Solusi di Era Pandemi

photo

Sumber: -

Pandemi Covid-19 pada awal sampai akhir Tahun 2020 memberikan dampak besar terhadap proses pendidikan. Peserta didik sebagai pelaku dari pendidikan daring merasa kurang nyaman dan memerlukan adaptasi yang luar biasa. Kondisi tersebut harus segera dicegah agar proses pendidikan terealisasi dan munculnya kualitas proses/ hasil dari Pendidikan Nasional dengan synchronous ataupun asynchronous. Program pendidikan kedamaian muncul sebagai alternatif dari kegelisahan para pendidik dan peserta didik melalui pelatihan bimbingan kedamaian.

Dosen bimbingan dan konseling Universitas Ahmad Dahlan yang bekerjasama dengan mahapeserta didik-mahapeserta didik dan alumni bimbingan dan konseling melatih guru-guru bimbingan dan konseling di Inonesia. Pelatihan bimbingan kedamaian dilaksanakan pada bulan Agustus-November 2020 sebagai inisisasi menumbuhkan kedamaian diri peserta didik dalam proses pembelajaran daring yang menyenangkan. Pelaksanaan pelatihan menggunakan media zoom meeting, kemudian pendampingan kepada guru bimbingan dan konseling secara virtual.

Pelaksanaan program bimbingan kedamaian diawali dari Focus group Discussion (FGD) sebagai awal kegiatan program pelatihan. Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan dengan asynchronous dan synchronous. Syncronous melalui media zoom berbasis youtube channel. Sedangkan asynchronous di sekolah dan bertemu langsung dengan peserta didik sesuai protokol Kesehatan covid-19.

Tahap kedua adalah pelaksanaan penyuluhan terkait agresi, Pendidikan kedamaian, dan bimbingan kedamaian kepad aguru bimbingan dan konseling. Tahap ketiga adalah proses workshop dan pendampingan dari bimbingan kedamaian. Tahap keempat adalah simulasi bimbingan kedamaian yang dilakukan guru bimbingan dan konseling kepada peserta didik.

Dampak dari pelatihan bimbingan kedamaian adalah internalisasi proses pendidikan kedamaian dalam layanan bimbingan di sekolah oleh guru bimbingan dan konseling. Kemudian adanya pengembangan diri siswa agar mampu menyiapkan diri dalam pembelajaran selama pandemi covid-19. “Bimbingan kedamaian menjadi rekomendasi layanan yang tepat oleh guru bimbingan dan konseling” ujar Agus Supriyanto M.Pd kepada Pundi (1/6/2021).


photo
Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan

Prodi Bimbingan dan konseling Universitas Ahmad Dahlan



0 Komentar


Tinggalkan Balasan