Publicness Forum UGM : Peran Aktor Non Pemerintah dalam Advokasi Guru

Berita photo Pundi.official 2021-07-20 18:47:52 0 Komentar 28
photo

Sumber: Dokumentasi Pundi

Kegiatan FGD bertema “Peran Aktor Non Pemerintah dalam Mengadvokasi Ruang Publik yang Fleksibel bagi Guru Melalui Lingkup Profesionalisme ” telah dilaksanakan oleh Mahasiswa Magister Manajemen dan Kebijakan Publik UGM pada Sabtu, 17 Juli 2021.

Kegiatan ini dilaksanakan secara online dan dimulai pada pukul 09.00 WIB-12.00 WIB. Pada kegiatan ini lanjutan dari pertemuan pertama yang dilaksanakan 10 Mei 2021, yang menghadirkan berbagai narasumber diantaranya Dr. Didi Suprijadi MM (PGRI), Iman Sumarlan, S.IP, M.H.I (Direktur PUNDI), Frida Listiani (Relawan Bantu Guru Belajar lagi) dan dimoderatori  Rosalina W. S Mahasiswa Magister Manajemen dan Kebijakan Publik UGM

Iman Sumarlan selaku direktur PUNDI memaparkan mengenai “Optimalisasi dana BOS 20% untuk penguatan literasi dan Maksimal 50% untuk guru honorer. Selain itu Kajian permendikbud no.8 2017 yang pernah dilakukan PUNDI, konsekuensi dari alokasi itu siswa sangat memungkinkan mendapat Buku Teks Pelajaran (BTP) gratis. BTP gratis bisa dipakai hanya dengan E-katalog” Ungkapnya.

Selain itu ada beberapa kendala yang diraskan oleh guru dengan akses internet yang terbatas, peralatan yang belum memadai,kurikulum yang belum menyesuaikan dengan pandemi, ditambah lagi dengan SDM yang belum mampu.

Setelah pemaparan materi oleh tiap narasumber, kegiatan dilanjutkan dengan para guru. Diantaranya adalah Firdaus dan Pak Bambang, yang mengutarakan mengenai tantangan guru di masa Pandemi dan mengungkapkan keluh kesah dari siswa dengan kondisi pademi. Selain itu beliau menungkapkan bahwa teknologi tidak akan mengantikan peran, Ungkap Pak Bambang.

Kegiatan ini diharapkan mampu membangun ekosistem baru yang jauh lebih baik dan mampu memberikan pemahaman terhadap keresahan mengenai pendidikan di masa Pandemi.


photo
Pundi.official

Seputar Berita Terkini



0 Komentar


Tinggalkan Balasan