PILMAPRES 2020 Dimasa Pandemi Tetap Berlangsung

Berita photo Arista Aulia Firdaus 2020-09-20 15:23:46 0 Komentar 843
photo

Sumber: -

Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), menyelenggarakan program PILMAPRES 2020 atau Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Nasional. Acara tersebut berlangsung pada tanggal 11-12 September 2020 di Jakarta. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kemdikbud menjadi program tahunan yang berjalan secara rutin.

Dalam  program PILMAPRES ini melibatkan juri dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, baik itu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) maupun Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Jumlah peserta yang terlibat pada tahap awal berjumlah 600an orang, dan disaring menjadi sekitar 200 peserta untuk tahap berikutnya. Pada tahap final, tercatat 21 finalis program sarjana dan 20 orang finalis program diploma.

Untuk menentukan mahasiswa yang berprestasi, maka materi yang diujikan dalam program ini adalah Bahasa Inggris, karya unggulan dan gagasan kreatif. Penilaian pada tahap akhir nantinya akan terpilih 3 pemenang dari program diploma. Selain itu juga akan dipilih pemenang untuk mahasiswa inspirator.

Tujuan dibentuknya program PILMAPRES  ini untuk mencari mahasiswa yang beprestasi sebagai calon pemimpin masa depan, yang mampu berkontribusi terhadap pembangunan negara. Berbeda pada tahun sebelumnya, yang menyelenggarakan kegiatan ini dengan tatap muka namun faktor pandemi program ini tetap berjalan secara daring dengan menggunakan via zoom.

 

 

 

-

photo
Arista Aulia Firdaus

Pegiat Literasi Pendidikan, Komunitas Jurnalis Yogyakarta.



0 Komentar


Tinggalkan Balasan