Pusat Prestasi Nasional Membangun Jiwa Kewirausahaan Pada Siswa

Berita photo Pusat Prestasi Nasional 2020-10-26 16:20:20 0 Komentar 261
photo

Sumber: -

Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kembali menggelar kegiatan FIKSI NASIONAL 2020. Acara tersebut berlangsung pada tanggal 19-24 Oktober 2020. Dengan tema 5 Preneur (People, Planet, Prosperity, Peace, & Partnership). 

Terselenggaranya kegiatan tersebut bertujuan untuk membangun semangat dan jiwa keriwausahaan sosial kepada siswa, sekaligus memberikan bekal pengetahuan dan pembinaan kewirausahaan agar siswa kelak dapat memulai dan mengakselerasi wirausaha sosialnya. 

Melihat masih banyaknya para siswa yang belum mandiri terhadap ekonomi, maka kegiatan ini juga guna untuk mengacu rasa tanggung jawab, serta kemandirian ekonomi para siswa. Yang juga menumbuhkan generasi wirausahawan muda kreatif dengan wawasan sosial, terutama dalam mempertahankan secara keberlanjutannya.

Proses kegiatan berlangsung dengan melakukan penelitian, membuat produk dan melakukan pengujian pemasaran .Rangkaian acara berlangsung selama 6 hari dengan rincian hari pertama, yaitu dilaksanakannya technical meeting secara online. Pada hari kedua, kegiatan tersebut berlangsung selama satu jam.

Dimulai pada pukul 12:00-13:00 dengan melakukan pembukaan lalu dilanjutkan dengan Expo Virtual Fiksi. Sekaligus melakukan presentasi dan wawancara. 

Pada hari ketiga, dilanjutkannya presentasi dan wawancara dihari sebelumnya. Memasuki hari keempat, acara FIKSI NASIONAL diisi dengan kegiatan Enterpreneursial Talk oleh bapak Sandiaga Uno tepat pada pukul 09:00-12:00 dan dilanjut oleh bapak Gamal Albinsaid pada pukul 13:00-15:00. 

Setelah itu diadakannya Leadership Talk oleh walikota Bogor dan Direktur Mayapada Group pada pukul 16:30-18:00. Pada hari kelima, diadakannya pengukuhan duta kewirausahaan yang dilanjut dengan pengisian survey FIKSI dan diadakannya pengapresiasian sekalogus pengumuman pemenang. Dan di hari keenam, penutupan dan kepulangan  panitia. 

5 tahun belakangan sebelumnya,  kegiatan FIKSI NASIONAL ini berlangsung secara offline. Untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 di Indnesia, kegiatan ini berlangsung secara virtual.

Harapannya, dengan teralisasinya kegiatan ini dapat membentuk jejaring yang dapat mendukung kegiatan wirausaha sosial, dan mendorong terbentuknya model praktik pembelajaran kewirausahaan sosial di tingkat SMA. Sekaligus menjadi media sosialisai tau diseminasi hasil karya wirausahawan sosial muda kreatif kepada masyarakat. 

-

photo
Pusat Prestasi Nasional

Puspresnas merupakan direktorat baru khusus untuk menangani prestasi mulai dari TK sampai dengan perguruan tinggi.



0 Komentar


Tinggalkan Balasan