Tim Dosen BK UAD Adakan Pelatihan Gerakan Anti Perundungan di Masa Pandemi

Berita photo Shopyan Jepri Kurniawan 2020-12-30 09:48:54 0 Komentar 185
photo

Sumber: -

BANTUL — Perundungan atau yang lebih dikenal dengan istilah bullying, sering terjadi dan dialami oleh individu, baik usia anak-anak, remaja ataupun dewasa. Munculnya fenomena perundungan ini — terutama di sekolah — telah memunculkan keprihatinan semua pihak, di antaranya adalah perguruan tinggi.

Berangkat dari latar belakang tersebut dosen Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta terdiri dari Hardi Prasetiawan, MPd, Amien Wahyudi, MPd, Kons  dan Erni Hestiningrum, MA, berinisiatif melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui pelatihan Gerakan Anti Perundungan (GAP) untuk meningkatkan nilai sosial pada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di wilayah Bantul.

Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini telah digelar pada 5 Oktober 2020 hingga 7 Desember 2020 di beberapa SMP Muhammadiyah di wilayah Kabupaten Bantul: SMP Muhammadiyah Kasihan, SMP Muhammadiyah, Sewon dan SMP Muhammadiyah Bantul.

Kegiatan tersebut berlanjut lagi pada tanggal 26 Desember 2020,  diisi oleh Shopyan Jepri Kurniawan, S.Pd mengenai cara untuk menghindari dari perilaku bullying  dan apa saja yang bisa dilakukan oleh siswa. Kegiatan kali ini dilakukan secara online dengan memanfaatkan google meet, dikarenakan untuk meminimalisir adanya wabah Covid-19.

Kegiatan dibuka dengan melanjutkan kegiatan pertemuan yang sebelumnya, setelah itu siswa diajak berdiskusi mengenai pengertian bullying, bahaya dan jenisnya apa saja.

Sehingga di pertemuan tanggal 26 Desember 2020 memfokuskan mengenai cara yang bisa untuk meminimalisir perudungan di sekolah.

Bullying masih menjadi persoalan yang masih mendera siswa di Indonesia pada umumnya bahkan bisa jadi sudah mendapatkan hal semacam ini dari keluarga, untuk itu adanya pelatihan ini memberikan pemahaman kepada siswa yang harapannya menjadi duta anti bullying disekolah,” terang Shopyan Jepri dan Hardi Prasetiwan.

 

 


photo
Shopyan Jepri Kurniawan

Guru BK SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, Founder hi.konselor



0 Komentar


Tinggalkan Balasan