Urgensi Pendidikan Islam di Masa Pandemi Covid-19

Essay photo MUHAMMAD CHOIRUL REZA 2021-08-03 14:49:47 0 Komentar 55
photo

Sumber: https://images.app.goo.gl/9tHD7u3dVqKabKGh6

Coronavirus Disease-2019 yang biasanya kita sebut Covid-19 merupakan salah satu penyakit infeksi saluran pernapasan yang pertama kali ditemukan pada manusia.

Penyakit ini ditemukan di Wuhan Cina dan menyebar pada semua negara termasuk Indonesia. Dari Wuhan virus ini menyebar ke negara-negara  Asia, seperti Taiwan, Hongkong, Jepang, Korea, Singapura, Malaysia.

Dalam dunia pendidikan dituntut untuk berjalan terus walaupun di kala pandemi seperti ini. 

Pendidikan adalah proses yang berkaitan dengan upaya untuk mengembangkan potensi pada diri seseorang yang meliputi tiga aspek kehidupan, meskipun pandemi akan tetapi diwajibkan proses belajar mengajar tetap berjalan dengan cara belajar jarak jauh.

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sudah diterapkan pada saat awal pandemi melanda negara Indonesia. PJJ yang dijalani selama 2 tahun belakangan ini siswa-siswi sepertinya sudah mulai terbiasa.

Walaupun awalnya membutuhkan adaptasi yang luar biasa dengan belajar dari rumah. Tidak menutup kemungkinan muncul permasalahan baru seperti minimnya jaringan internet, tidak paham dengan materi sehingga tidak mengerjakan tugas.

Peran orangtua yang besar untuk bersinergi dalam menyukseskan pendidikan putra-putrinya di masa pandemi seperti ini.

Dengan adanya pengawasan dari orangtua siswa-siswi tetap melaksanakan kewajibanya sebagai pelajar.

Walaupun belajar dari rumah tetapi sesuai dengan protokol. Tidak kendor dalam menjaga kesehatan di masa pandemi seperti ini.

Di samping itu tidak hanya peran orangtua saja, terdapat peran pendidik serta masyarakat luas yang mengikut sertakan diri mereka untuk berbagi ilmu tentang pendidikan Islam di kala masa pandemi.

Pendidikan Agama Islam merupakan suatu upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan anak didik untuk mengenal, memahami, dan mengamalkan ajaran agama Islam dan juga disertai dengan tuntutan untuk menghormati penganut agama lain. 

Meskipun begitu pada pendidikan Islam perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari supaya siswa dapat menerapkan apa yang sudah diberikan oleh guru melalui pembelajaran online.

Sehingga sinkron dengan yang dipelajari dan diterapkan di kehidupan sehari-hari. Mengingat masa pandemi seperti ini harus menjaga kesehatan, di samping itu proses belajar mengajar juga tetap berjalan.

Menurut Dr. Armai Arief, MA. pendidikan Islam, yaitu suatu proses yang dilakukan untuk menciptakan manusia-manusia yang seutuhnya beriman dan bertaqwa kepada Allah swt, serta mampu mewujudkan eksistensi khalifah Allah di muka bumi yang bersandar kepada ajaran Al-qur'an dan As-sunnah.

Pendidikan agama Islam merupakan pendidikan melalui ajaran-ajaran agama Islam, yaitu berupa bimbingan dan asuhan terhadap anak didik agar nantinya setelah selesai dari pendidikan ia dapat memahami, menghayati dan mengamalkan ajaran-ajaran Islam itu sebagai suatu pandangan hidupnya demi keselamatan dan kesejahteraan hidup di dunia dan di akhirat kelak (Daradjat, dkk, 2002).

Menanamkan pendidikan agama Islam kepada anak maka orang tua akan merasa senang dan bangga memiliki anak yang dapat membantunya kelak.

Karena diriwayatkan dalam sebuah hadits "Apabila seseorang meninggal dunia maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu, sedekah jariyah, ilmyang bermanfaat, dan anak sholeh yang mau mendoakannya. (HR. Muslim)".

 


photo
MUHAMMAD CHOIRUL REZA

Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan



0 Komentar


Tinggalkan Balasan