Lolos PTN? Apa Trik BK MUHI

Berita photo SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta 2020-10-12 20:13:46 0 Komentar 111
photo

Di tengah pandemi yang sedang dialami, menuntut guru untuk memberikan layanan secara inovatif dan kreatif. Hal ini juga menuntut guru BK SMA Muhammadiyah 1  (MUHI) Yogyakarta. Untuk memberikan berbagai layanan Guru BK MUHI membuat beberpa inovasi untuk dapat menjangkau siswa selama corona berlangsung.

Lulus PTN adalah impian setiap siswa. Sebab tidak semua siswa dapat masuk PTN. Selain persaingan yang ketat, quota yang tersedia juga terbatas. Oleh sebab itu perlu ada strategi khusus agar siswa lolos tes SNMPTN.

Ternyata tidak semua sekolah memberikan layanan kepada siswa, khususnya kelas XII, untuk tembus tes SNMPTN. MUHI salah satu sekolah unggulan di Yogyakarta yang memberikan layanan tersebut. Meskipun di tengah Pandemi layanan tetap diselenggarakan.

Di MUHI, layanan tersebut diamanahkan kepada Guru BK. "Jadi Guru BK tidak hanya berperan sebagai konselor ketika ada masalah, melainkan juga memfasilitasi dan mendampingi siswa untuk menghadapi SNMPTN" ucap Denny Sulistiyanta S.Pd selaku Koordinator Guru BK MUHI.

Pada 10 Oktober 2020 yang lalu Guru BK MUHI menyelenggarakan Talk Show daring melalui kanal Instagram @bkmuhi dengan tema "Berbagi Cerita Lolos SNMPTN". Dalam acara tersebut diisi oleh Almira Yusriyah Rahnawati, alumni MUHI angkatan 2020. Saat ini ia sedang menempuh kuliah di Pendidikan Kedokteran Universitas Gajah Mada.

Dalam acara yang dipandu oleh Ricky Prasetyo S.Pd, salah satu guru BK MUHI, Almira membeberkan strategi dan langkah-langkah agar lulus SNMPTN. Dalam acara tersebut sengaja melibatkan alumni, agar peserta lebih antusias dan percaya diri.

Acara yang dimulai pukul 10.00 hingga 12.00 dirasakan sangat singkat. Sebab tidak semua pertanyaan terjawab oleh peserta. Meskipun diselenggarakan melalui daring, peserta merasa sangat puas.

"Tujuan acara ini adalah mempersiapkan siswa menghadapi SNMPTN tahun 2021. Kegiatan ini merupakan inovasi dari guru BK MUHI", ungkap Ricky Prasetyo S.Pd salah satu guru BK Kelas XII kepada PUNDI.