Workshop Media Pembelajaran Era Covid-19 Berbasis Video ICT

Berita photo SD Muhammadiyah Demangrejo 2020-09-22 16:31:54 0 Komentar 397
photo

Kulon Progo-SD Muhammadiyah Demangrejo bersama MI Al-Falaah Muhammadiyah Kaliwiru menggelar Workshop dan Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran di Era Covid-19 yang berbasis Video Information and Communication Technology (ICT). Kegiatan ini dilakukan sebagai perbaikan mutu generasi khususnya para siswa dan siswi yang ada di lingkup SD Muhammadiyah Demangrejo dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Falaah Muhammadiyah Kaliwiru.

Kegiatan ini bekerjasama dengan Mahasiswa Magister Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan, yang tengah melakukan program dari kampus untuk pengabdian kepada Masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Demangrejo dengan pesertanya adalah guru-guru dari kedua sekolah.

Kegiatan tersebut tetap menggunakan protokol kesehatan. Mulai cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, atau menggunakan handsanitizer, ukur suhu badan, dan menjaga jarak. Kemudian berakhir setelah shalat dzuhur. 

Kepala Sekolah SD MI Al-Falaah Muhammadiyah Kaliwiru, Yeni Muharramah, M.SI. menyampaikan antusiasnya, “kami sangat senang dengan adanya acara ini, semoga dapat memberikan keterampilan tambahan untuk para guru. Khususnya dalam hal membuat video berbasis ITC”, ungkapnya kepada PUNDI (22/9/2020).

Kegiatan ini dijadikan beberapa sesi, yaitu sesi pembukaan acara, sesi pelaksanaan workshop yang dipandu oleh Dosen Universitas Ahmad Dahlan yaitu Dr. MHD. Lailan Arqam, M.Pd. (Dosen Pembimbing Mahasiswa Magister Pendidikan Agama Islam). Sesi terakhir adalah pelatihan pengembangan media pembelajaran berbasis ICT yang disampaikan oleh perwakilan Mahasiswa MPAI UAD.

Ketua PRODAMAT, Afids Nurohman memberikan apresiasi yang luar biasa terhadap  semangat para tenaga pendidik, “guru-guru SD Muhammadiyah Demangrejo dan MI Al-Falaah sangat antusias sekali dalam mengikuti pelatihan ini dan saya sebagai ketua PRODAMAT merasa sangat bangga karena di era pandemi ini  para tenaga pendidik tetap semangat dalam melaksanakan tugasnya, para dewan guru di sini masih melaksanakan aktivitas luring”, ungkapnya.

Beliau  juga menyampaikan tujuan diadakannya Program Pemberdayaan Umat dengan mengangkat tema “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT. “Kami berikhtiar agar acara ini memberikan perubahan dari segi SDM untuk kelangsungan generasi selanjutnya, yaitu siswa dan siswi berbasis teknologi untuk penyampaian materi pembelajaran” ujarnya.

Sementara itu  kepala MI Al-Falaah Muhammadiyah Kaliwiru, Yeni Muharromah, M.Si juga menyambut baik dan mengapresiasi  kepada Mahasiswa Magister Agama Islam yang telah memfasilitasi dan memberikan pengetahuan baru terkait Media pembelajaran. Beliau juga menyampaikan “untuk Program Pengabdian Masyarakat sangat tepat sasarannya di wilayah ini, karena guru-guru belum tahu dan paham penggunaan platform tersebut,” ujarnya kepada PUNDI (22/9/2020)